Visi & Misi

UNIVERSITAS RIAU

Universitas Riau (UNRI) lahir dari keinginan dan usaha bersama masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Keinginan tersebut diwujudkan dengan dibentuknya Panitia Persiapan Perguruan Tinggi (P3TR) Riau di Tanjung Pinang. Namun, setelah ibu kota provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, komisi dipindahkan ke kota Pekanbaru. Pelopor pendirian perguruan tinggi tersebut adalah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan dr. Sutan Balia. Kerja keras panitia bermuara pada berdirinya Yayasan Universitas Riau, setelah itu berdirilah universitas tersebut. Perguruan tinggi ini bernama Yayasan Universitas Riau dengan Surat Keputusan No. 02/KPTS/JUR/62 tanggal 25 September 1962. Universitas Riau mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober 1962.


Fakultas Kedokteran Universitas Riau sejak berdirinya hingga saat ini telah memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang jelas, realistis dan terpadu karena proses perumusannya yang komprehensif dengan mempertimbangkan semua faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal. Faktor (peluang dan tantangan). Dalam Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2017 tentang Statuta Universitas Riau, dirumuskan visi, misi, dan tujuan universitas sebagai berikut : 

Visi Universitas Riau

“Menjadi Universitas Riset Unggul Bermartabat di Bidang Sains dan Teknologi di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2035”.

Misi Universitas Riau

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul.
  2. Melaksanakan tata kelola universitas yang bermartabat.
  3. Mengembangkan potensi keunggulan mahasiswa.
  4. Menciptakan sistem informasi yang handal dan menerapkan inovasi bagi kepentingan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul di bidang sains dan teknologi di Asia Tenggara.
  2. Mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik.
  3. Menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang berkarakter dan kompeten dalam pengembangan IPTEKSOR.
  4. Menyediakan perencanaan, kerjasama berbasis IT.

PROGRAM STUDI PULMONOLOGI DAN KEDOKTERAN RESPIRASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU

Fakultas Kedokteran Universitas Riau telah memiliki Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang terintegrasi dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Universitas Riau. Pada tahun 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Riau mengalami pembaharuan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran guna menyelaraskan dan mensinkronkan dengan visi dan misi Universitas Riau 2017, serta untuk menyikapi perubahan dan perkembangan lokal, regional, nasional serta internasional. Perubahan visi, misi dan tujuan serta sasaran tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan dengan melibatkan seluruh komponen sivitas akademika dan para pemangku kepentingan, yang pada akhirnya disahkan dalam rapat senat Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Sejalan dengan Fakultas, penyusunan VMTS Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi ditujukan untuk melengkapi persyaratan akreditasi program studi. Mekanisme penyusunan VMTS Prodi  Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNRI melibatkan berbagai pihak. VMTS Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi disusun oleh segenap dosen Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Pada saat penyusunan tim penyusun melibatkan mitra-mitra yang berkepentingan seperti Dinas Kesehatan, organisasi yang terkait dengan Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi seperti Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan  Ikatan Dokter Indonesia (IDI), mitra kerja RS Jejaring serta peserta didik, tenaga pendidik, RSUD Arifin Achmad dan dosen yang terlibat.

Visi Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Menjadikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi berbasis riset dengan unggulan kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan di kawasan ASEAN pada tahun 2035.

Misi Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

  • Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan Dokter Spesialis Paru yang beretika, bermartabat serta berorientasi pada Sistem Kesehatan Nasional.
  • Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi terhadap masalah di wilayah pesisir dan perbatasan serta berorientasi kepada kebutuhan kesehatan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Paru sebagai kontribusi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah pesisir dan perbatasan.

Tujuan Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

  • Menghasilkan lulusan Dokter Spesialis Paru yang bermutu dan berkompeten di bidang Ilmu Kedokteran Respirasi.
  • Menghasilkan penelitian yang berorientasi terhadap kebutuhan masyarakat di wilayah pesisir dan perbatasan.
  • Menjadi wadah rujukan tersier dalam bidang Kedokteran Respirasi sebagai Pusat Rujukan dan mampu bersaing secara global.
  • Berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan respirasi serta meningkatkan kemandirian dengan menggalang kemitraan di tingkat lokal dan nasional

Strategi Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Strategi I

  • Merintis upaya pencapaian standarisasi Pendidikan Dokter Spesialis Paru dalam rangka mewujudkan visi dan misi PPDS Pulmonologi dan Kedokteran respirasi FK UNRI melalui kerjasama dengan Institusi Pendidikan Pengampu/Departemen Pulmonologi FK UI
  • Melakukan evaluasi berkala terhadap proses akademik pada PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNRI
  • Melakukan tindak lanjut secara cepat, tepat, dan cermat atas evaluasi akademik dan pelayanan
  • Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan akademik dan pelayanan secara rutin dan berkala yang dilakukan oleh unit pelaksana Pendidikan
  • Meningkatan kemampuan akademik dan keterampilan pendidikan dosen dengan melakukan pengiriman staf pengajar untuk melanjutkan Pendidikan Konsultan dan S3
  • Melakukan pengiriman staf pengajar untuk mengikuti degree dan non degreetraining pada level nasional dan internasional
  • Melakukan rekrutmen berkala tenaga pengajar (tetap dan tidak tetap)
  • Melakukan pelatihan skill mengajar bagi tenaga pengajar PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNRI
  • Optimalisasi penggunaan e-learning dengan menyelenggarakan pelatihan penggunaan e-learning bagi peserta Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi
  • Melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana secara rutin
  • Melakukan optimalisasi Information, Communication an Technology (ICT) via internet
  • Menyelenggarakan program bimbingan etika lewat berbagai jenis kegiatan PPDS

 

Strategi II

  • Mengupayakan penambahan sumber dana dan sosialisasi dana pengabdian untuk meningkatkan minat kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi PPDS
  • Meningkatkan kerjasama dengan Lembaga Nasional dan Internasional untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengupayakan penambahan dan sosialisasi sumber dana penelitian untuk meningkatkan minat riset bagi dosen dan mahasiswa PPDS.
  • Melakukan lokakarya metodologi penelitian secara regular
  • Meningkatkan kerjasama dengan Lembaga Penelitian Nasional dan Internasional.
  • Menerbitkan jurnal PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNRI sebagai sarana publikasi seluruh hasil penelitian PPDS FK UNRI pada tingkat Nasional dan Internasional.

 

Strategi III

  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pola rekrutmen, pembinaan karir dan penilaian kinerja berbasis keahlian
  • Meningkatkan kemampuan memperoleh dana dari dalam dan luar negeri yang disertai dengan pengembangan kemampuan pengelolaan dana secara akuntabel
  • Meningkatkan kemampuan penalaran dan kemampuan belajar PPDS dengan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan intelektual berbasis soft skill.
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pola rekrutmen, pembinaan karir dan penilaian kinerja berbasis keahlian
  • Meningkatkan kemampuan memperoleh dana dari dalam dan luar negeri yang disertai dengan pengembangan kemampuan pengelolaan dana secara akuntabel.

 

Strategi IV

  • Meningkatkan kemampuan penalaran dan kemampuan belajar PPDS dengan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan intelektual berbasis soft skill.
  • Mendorong dan mendukung kegiatan pengembangan minat dan bakat PPDS.
  • Meningkatkan kerjasama dan networking untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat termasuk dalam memperoleh donasi.

Mengembangkan pendidikan kedokteran dan kesehatan berstandar internasional melalui kerjasama regional/ internasional.

Scroll to Top